Pimpinan :

KETUA JURUSAN : FITRIYATI, S.Psi., M.Si.

SEKERTARIS JURUSAN :  ULIN NI’AM MASRURI, Lc., M.A.

VISI MISI, TUJUAN DAN PROFIL LULUSAN TASAWUF DAN PSIKOTERAPI
FAKULTAS USHULUDDIN DAN HUMANIORA UIN WALISONGO

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam Riset Ilmu-ilmu Tasawuf dan Psikoterapi Berbasis pada Kesatuan Ilmu untuk Kemanusiaan dan Peradaban pada Tahun (2038).

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu-ilmu tasawuf dan psikoterapi dengan pendekatan kesatuan ilmu
  2. Menyelenggarakan riset ilmu-ilmu tasawuf dan psikoterapi untuk kemanusiaan dan peradaban.
  3. Menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berbasis pada riset ilmu-ilmu tasawuf dan psikoterapi.
  4. Menggali dan mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal.
  5. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam skala regional, nasional dan internasional.
  6. Mewujudkan tata kelola kelembagaan profesional

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana ilmu-ilmu tasawuf dan psikoterapi yang profesional dan berakhlak mulia.
  2. Menghasilkan riset tasawuf dan psikoterapi yang kontributif bagi penyelesaian masalah kemanusiaan dan kebangsaan.
  3. menghasilkan karya pengabdian yang bermanfaat untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis religius, sehat jasmani dan rohani
  4. mewujudkan internalisasi nilai-nilai kearifan lokal dalam Tridharma Perguruan Tinggi
  5. Memperoleh hasil yang positif dan produktif dari kerja sama dengan berbagai lembaga dalam skala regional, nasional, dan internasional
  6. Lahirnya tata kelola Program Studi yang  profesional berstandar internasionaL.

Profil Lulusan Program Studi

Profil utama lulusan Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi adalah praktisi dan analis di bidang Tasawuf dan Psikoterapi yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidang Tasawuf dan Psikoterapi serta mampu menerapkan teori-teori, pendekatan dan metode tasawuf dan psikoterapi dalam mengatasi masalah psikologis manusia baik secara individual maupun kolektif di dunia kerja dan di masyarakat serta bertanggungjawab terhadap pekerjaan tersebut berdasarkan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

NoProfil LulusanDiskripsi Profil Lulusan
1Praktisi Tasawuf
dan Psikoterapi
Sarjana agama yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai praktisi tasawuf dan psikoterapi yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
2Asisten Peneliti
Bidang Tasawuf,
Psikoterapi dan
Sosial Keagamaan

Sarjana agama yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang tasawuf dan psikoterapi yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
3Pengembang
Amaliyah Tasawuf
dan Psikoterapi
Sarjana agama yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang amaliyah tasawuf dan psikoterapi yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

Sumber:
Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Jenjang Sarjana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi.

3 Replies to “Tasawuf dan Psikoterapi”

  1. assalamualaikum
    maaf dmin mau tanya apa saja yang di pelajari dalam ilmu tasawuf dan psikotherapi?
    terimakasih

  2. pak admin, akan lebih baik kalau profil jurusan dilengkapi, agar lebih jelas apa itu jurusan tasawuf dan psikoterapi dan apa saja yang dipelajari
    terima kasih

  3. mohon info apakah perbedaan ataupun persamaan antara tasawuf psikoterapi dan ilmu psychologi di fakultas pada perguruan tinggi negeri lainnya, karena saya lihat di uin semarang juga ada fakulatas psikologi dan kesehatan, tkh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *