Perdana di UIN Walisongo, Workshop Komikstrip ISAI FUHum

FUHum.news – Pelaksana Kegiatan Mahasiswa Prodi Ilmu Seni dan Arsitektur Islam (ISAI) Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHum) mengadakan Workshop Komikstrip perdana di UIN Walisongo pada Kamis (22/10/2020) di Gedung O lantai 3 FUHum.

Acara bertema “Imajinasi Indonesia” tersebut mengundang Djoko Susilo, Komikus Suara Merdeka. Dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai 13.00 WIB, diikuti 68 peserta. Kegiatan dilakukan secara luring dan daring, dengan klasifikasi luring 51 peserta dan daring 17 peserta.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman agar peserta mampu memahami bagaimana cara membuat komik dan dapat mengekspresikannya dalam sebuah karya. Hal tersebut diungkap Muhammad Adji, ketua panitia kegiatan.

“Tentang output dari acara workshop komikstrip, diharapkan peserta mampu membuat komik yang santai dan jenaka, dan mampu mengkritik sesuatu melalui karya,” tuturnya saat diwawancarai setelah usai acara.

Senada dengan itu, Abdullah Ibnu Thalhah, Sekretaris Jurusan (Sekjur) ISAI menegaskan bahwa Workshop Komikstrip ini bertujuan untuk mengasah keterampilan mahasiswa dalam penjelajahan beragam media dan seni kontemporer serta melatih kepekaan mahasiswa dalam memanfaatkan media seni untuk menyampaikan gagasan dalam kerja-kerja kesenian. Dengan diadakannya diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin dimana mahasiswa dapat berkarya bersama-sama dan meningkatkan keterampilan.

“Kegiatan ini merupakan tradisi atau pembiasaan yang diselenggarakan dalam rangka mengasah keterampilan, ketajaman, dan konseptual dalam menyampaikan gagasan” tuturnya saat diwawancara via WhatsApp selepas acara.

Sementara itu, Whidad Hari Prasojo, salah satu peserta Workshop Komikstrip, mengapresiasi kegiatan tersebut karena baru pertama kali di UIN Walisongo Semarang mengadakan workshop tentang Komiksrtip dengan konsep yang sangat menarik.

“Workshop Komikstrip ini sangat manarik ya, peserta diberikan kesempatan untuk menggambar langsung atau praktek, biasanya hanya sekedar teori saja. Ini yang menjadi keunikan dari acara tersebut” paparnya. (Ikfina/Win)

Tim Web FUHum

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*