Pimpinan

KETUA JURUSAN : MUHTAROM, M.Ag.

SEKRETARIS JURUSAN: TSUWAIBAH, M.Ag.

VISI MISI, TUJUAN DAN PROFIL LULUSAN PRODI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM
FAKULTAS USHULUDDIN DAN HUMANIORA UIN WALISONGO


 Visi

Unggul dalam Riset Ilmu Aqidah dan Filsafat Islam Berbasis pada Kesatuan Ilmu Pengetahuan untuk Kemanusiaan dan  Peradaban di Indonesia (2023).

Misi

  1. Menyelenggarakan  pendidikan  dan pengajaran  aqidah dan filsafat Islam berbasis pada kesatuan ilmu.
  2. Menyelenggarakan riset ilmu aqidah dan filsafat Islam untuk pengembangan dan kemajuan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemahaman aqidah dan cara berfikir yang lebih arif, sesuai dengan ajaran Agama Islam.
  4. Mengkaji nilai-nilai kearifan lokal untuk peradaban.
  5. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam skala lokal, nasional dan internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana yang profesional dan berakhlak mulia.
  2. Menghasilkan riset keilmuan aqidah dan filsafat Islam dengan pendekatan multidisipliner.
  3. Terwujudnya masyarakat yang arif dan memiliki pemahaman aqidah yang benar.
  4. Terwujudnya masyarakat yang harmonis, kritis, konstruktif, dinamis, dan inklusif.
  5. Terwujudnya kerjasama lokal, nasional, dan internasional

Profil Lulusan Program Studi

Profil utama lulusan Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam adalah sebagai pemikir, analis dan asisten peneliti (pemula) masalah keagamaan yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dalam akidah dan filsafat Islam, mampu memetakan, menjawab munculnya beragam aliran dan gerakan serta madzhab pemikiran keagamaan yang berkembang, serta mampu menemukan solusi dari problematika yang berkembang terkait dengan masalah akidah dan filsafat Islam baik dalam teks maupun dalam konteks kehidupan multikultural dan multi agama serta bertanggungjawab sesuai dengan prinsip-prinsip dan etika keislaman,
keilmuan dan keahlian.

NoProfil Lulusan Diskripsi Profil Lulusan
1Pemikir
Keagamaan
Sarjana akidah dan filsafat Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir sebagai pemikir keagamaan dalam akidah dan filsafat Islam, mampu memetakan, menjawab munculnya beragam aliran dan gerakan serta madzhab pemikiran keagamaan yang berkembang, serta mampu menemukan solusi dari problematika yang berkembang terkait dengan masalah akidah dan filsafat Islam baik dalam teks maupun dalam konteks kehidupan multikultural dan multi agama serta bertanggungjawab sesuai dengan prinsip-prinsip dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
2Analisis
Masalah
Keagamaan
Sarjana akidah dan filsafat Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir sebagai analis masalah keagamaan Islam dalam akidah dan filsafat Islam, mampu memetakan, menjawab munculnya beragam aliran dan gerakan serta madzhab pemikiran keagamaan yang berkembang, serta mampumenemukan solusi dari problematika yang berkembang terkait dengan masalah akidah dan filsafat Islam baik dalam teks maupun dalam konteks kehidupan multikultural dan multi agama serta bertanggungjawab sesuai dengan prinsip-prinsip dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
3Asisten
Peneliti
Bidang Filsafat
dan Sosial
Keagamaan
Sarjana akidah dan filsafat Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir sebagai asisten peneliti dalam bidang akidah dan filsafat Islam, mampu memetakan, menjawab munculnya beragam aliran dan gerakan serta madzhab pemikiran keagamaan yang berkembang, serta mampu menemukan
solusi dari problematika yang berkembang terkait dengan masalah akidah dan filsafat Islam baik dalam teks maupun dalam konteks kehidupan multikultural dan multi agama serta bertanggungjawab sesuai dengan prinsip-prinsip dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

Sumber:
Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Jenjang Sarjana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi.


7 Replies to “Aqidah dan Filsafat Islam”

  1. Mahasiswa AF 2013
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Sebagai mahasiswa AF jujur saya bangga menjadi bagian dari Ushuluddin lebih lagi AF.Sebagai jurusan tertua dan pertama di fakultas ,sedikit menyanjungku.
    Tapi yang saya rasa sekarang adalah kurangnya fasilitas yang menunjang bagi keilmuan mahasiswa AF yang ‘katanya’ gudang ilmu pengetahuan dan Aqidah.
    Rasanya kami mahasiswa AF Butuh Laboratorium AF yang mandiri bagi kelangsungan perkuliahan mahasiswa AF untuk meningkatkan kualitas kami dan kualitas PRODI.
    -Maaf mungkin sedikit berlebihan –
    Dan semoga bisa jadi pertimbangan dan kenyatatan

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

    1. terimakasih atas usulan Laboraorium bagi jurusan Aqidah dan Filsafat. Konsep laboratorium bagi AF akan kami setting menuju dinamika pemikran keislaman, kefilsafatan, theologi, dan cultral studies..silahkan bergabung bersama HMJ-AF agar kita bisa menyatukan dan menjaga idealisme kita.

  2. bismilah…
    moga kedatangan ku di fakultas ini bisa membawaku kedalam golongan orang” yang berguna dan memberi ilmu yang bermanfaat bagiku..dan mampu menciptakan prestasi yang membanggakan…

    1. Amin..ya rabbal alaim..semoga kita mendapat ilmu ang bermanfaat, berkah, dunia akherat amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *