Studi Agama-Agama

Pimpinan :

KETUA JURUSAN : H. SUKENDAR, M.A., Ph.D.

SEKERTARIS JURUSAN : SRI REJEKI, S.Sos.I., M.Si.

VISI MISI, TUJUAN DAN PROFIL LULUSAN PRODI STUDI AGAMA-AGAMA FAKULTAS USHULUDDIN DAN HUMANIORA UIN WALISONGO

Visi

Unggul dalam Riset  Agama dan Perdamaian dengan Pendekatan Multidispliner untuk Kemanusiaan dan Peradaban di Indonesia (2023).

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran studi agama dan perdamaian  dengan pendekatan multidisipliner.
  2. Menyelenggarakan riset  agama dan perdamaian untuk  menciptakan masyarakat yang harmonis.
  3. Menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berbasis  pada riset agama dan perdamaian.
  4. Menciptakan perdamaian pada masyarakat berbasis pada nilai-nilai kearifan lokal.
  5. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam skala lokal, nasional dan internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana yang profesional di bidang  agama dan perdamaian.
  2. Menghasilkan riset yang kontributif bagi  perdamaian dunia dan penyelesaian konflik.
  3. Mewujudkan masyarakat humanis, pluralis, beradab, dan toleran.
  4. Menghasilkan masyarakat yang harmonis dan damai.
  5. Terwujudnya kerjasama lokal, nasional, dan internasional

Profil Lulusan Program Studi

Profil utama lulusan Prodi Studi Agama-Agama adalah sebagai pemikir,
analis dan asisten peneliti bidang kajian agama-agama dan kerukunan
antar umat beragama serta aktivis sosial keagamaan, perdamaian dan
community development yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas
dan mendalam serta mampu mendialogkan Islam dengan agama-agama
lain, dan mendialogkan agama dengan perkembangan global dan IPTEKS
dalam kehidupan umat beragama pada masyarakat multi agama dan
multikultural serta mampu melaksanakan tugas berlandaskan ajaran dan
etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

NoProfil LulusanDiskripsi Profil Lulusan
1Pemikir Relasi Agama-agamaSarjana studi agama-agama dan kerukunan anta umat beragama yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mendalam yang menjalankan peran sebagai pemikir relasi agama-agama dan mampu mendialogkan Islam dengan agama-agama lain, dan mendialogkan agama dengan perkembangan global dan IPTEKS dalam kehidupan umat beragama pada masyarakat multi agama dan multikultural serta mampu melaksanakan tugas berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian;
2Analisis Masalah Relasi
Agama-agama
Sarjana studi agama-agama dan kerukunan antar umat beragama yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mendalam yang menjalankan peran sebagai analis relasi agamaagama dan mampu mendialogkan Islam dengan agama-agama lain, dan mendialogkan agama dengan perkembangan global dan IPTEKS dalam kehidupan umat beragama pada masyarakat multi agama dan multikultural serta mampu melaksanakan tugas berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian;
3Asisten Peneliti Agama-agama
dan Sosial Keagamaan
Sarjana studi agama-agama dan kerukunan antarumat beragama yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mendalam yang menjalankan peran sebagai asisten peneliti relasi agama-agama dan mampu mendialogkan Islam dengan agama-agama lain, dan mendialogkan agama dengan perkembangan global dan IPTEKS dalam kehidupan umat beragama pada masyarakat multi agama dan multikultural serta mampu melaksanakan tugas berlandaskan ajaran dan etika keislaman,
keilmuan dan keahlian;

Sumber:
Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Jenjang Sarjana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi.

10 thoughts on “Studi Agama-Agama

  1. saya mahasiswa jurusan Perbandingan Agama (PA) ANGKATAN 2011, MULAI TAHUN 2009 jurusan PA sudah beralih pada kajian agama dan perdamaiaan. semua kurikulum dari PA sudah diubah sedemikian rupa sehingga mampu memberikan kebutuhan mahasiswa untuk menjadi agen perdamaiaan. dengan diajar dosen dari Walisongo Mediation Centre, mahasiswa PA langsung diajar oleh ahli perdamaiaan. dosen muda yang sudah malang melintang di dunia international. jurusan ini membuka lebar peluang mahasiswa untuk menjadi mediator di pengadilan negeri untuk menangani masalah-masalah perdata.

  2. semula sebelum saya masuk di jurusan perbandingan agama ini seringkali saya di nasehati orang untuk tidak masuk di jurusan ini karna mereka beranggapan bahwa jurusan ini sesat, jurusan ini “nyeleneh”, jurusan ini keluar jalur bahkan tidak sedikit orang yang mengatakan jurusan ini mencetak agen kafir. inilah yang menjadikan saya semakin yakin akan kebenaran syi’ir gus dur yakni “seneng ngafirke marang liane, kafire dewe ra digateke” yang bararti suka melabeli seseorang dengan julukan kafir namun kafir dalam dirinya sendiri terlupakan. semua persepsi bias dan tudingan salah tersebut telah terjawab oleh beberapa mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini, seperti: ayat perdamaian, hadis perdamain, teori kekerasan, culture of healing, resolusi konflik dll yang bertujuan untuk perdamaian. jurusan ini bukan untuk membandingkan, mencari kelemahan agama ataupun menciptakan konflik namun sebaliknya. saya bangga menjadi mahasiswa perbandingan agama sebagai agen perdamaian, terakhir DON’T JUDGE THE BOOK FROM THE COVER

    by: mahasiswa perbandingan agama angkatan 2013

  3. Saya adalah Sarjana Agama (Katolik) dari Jurusan Kateketik Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik St.Fransiskus Assisi Semarang, saya tertarik dengan jurusan Perbandingan Agama UIN Walisongo Semarang. Apakah UIN Walisongo Semarang dapat menerima saya menjadi calon mahasiswa S2 Perbandingan Agama?
    Terima kasih

    1. Fakultas Ushuluddin saat ini hanya menangani sampai jenjang S1, untuk jenjang S2 silahkan langsung menghubungi Program Pascasarjana UIN Walisongo
      Terimakasih

  4. salam,
    saya adnan dari mahasiswa PA UIN Bandung. saya mau bertanya apakah UIN walisongo menerima mahasiswa pindahan? dan apakah boleh saya tahu tentang matkul di PA UIN Walisongo. syukron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*